Home » , » Solo Perangi AIDS Lewat Kader WPA

Solo Perangi AIDS Lewat Kader WPA

Written By Unknown on Friday, March 15, 2013 | 18:41

AIDS
SOLO – Pembentukan kader warga peduli AIDS (WPA) sudah hampir final. Keberadaan WPA di kota Solo menjadi penunjang keberhasilan Milleniun Development Goals (MDG’s) tahun 2015 mendatang.

Hampir semua kelurahan telah menyiapkan personel yang akan dijadikan sebagai kader WPA. “Dari 51 kelurahan, tinggal 4 kelurahan saja yang belum siap. Rata-rata sudah menyiapkan personel yang jadi kader WPA,” kata Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) kota Solo, Harsoyo Supodo kepada wartawan, Jumat (15/3).

Pria yang kerap disapa dengan pak Yos ini mengaku, WPA sangat berperan sebagai pendeteksi dini terhadap penyebaran AIDS yang ada di dalam lingkungan masyarakat. Kader-kader yang diterjunkan akan memantau kelompok-kelompok masyarakat yang dikategorikan beresiko tinggi (risti) terhadap penyebaran HIV/AIDS. “Kader-kader WPA juga akan memberikan sosialisasi tentang bahaya penyebaran HIV/AIDS lewat pertemuan-pertemuan di tingkat RT dan kelurahan,” jelasnya.

Pada fungsi pengawasan, apabila kader WPA mendeteksi adanya dugaan tertularnya virus mematikan yang dialami oleh warga di wilayahnya, kader tersebut akan melaporkannya pada petugas layanan komprehensif berkesinambungan (LKB) yang telah ditunjuk. Di kota Solo, LKB yang ditunjuk sebanyak 4 Puskesmas dan RSUD Ngipang.

Oleh LKB, ditindak lanjuti dengan identifikasi, apakah yang bersangkutan positif menderita HIV/AIDS atau tidak. Jika positif, akan dilanjutkan dengan perawatan berkelanjutan.

Sementara, Pengelola Program KPA kota Solo, Tommy Prawoto menjelaskan, sosialisasi yang dilakukan oleh WPA menyasar pada seluruh komponen masyarakat. Dengan dibentuknya KPA, sesuai dengan goal dari pencapaian MDG’s di kota Solo pada 2015 mendatang angka penularan HIV/AIDS bisa ditekan hingga nol persen.

Deklarasi kader WPA sendiri rencananya akan dilakukan pada April mendatang oleh Walikota Solo. “Kami masih menunggu kesiapan dari 4 kelurahan tadi,” ungkapnya.
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
 
Copyright © 2013. Informasi Seputar SOLORAYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website | Proudly powered by Blogger